Header Ads

Panduan Dasar Sekali Membaca Laporan Keuangan untuk Analisa Fundamental Investor


Jika kita sudah memutuskan benar-benar ingin niat invest uang kita ke suatu perusahaan, kita harus tau apa ‘isi’ perusahaan tersebut. Apa bisnis yang dilakukannya. Bagaimana performanya selama ini apakah profitable atau malah merugi terus. Dan risiko atau tantangan apa saja yang dihadapi perusahaan tersebut.

Untuk mengetahui hal-hal itu kita dapat melihat materi Public Expose(Pubex), Annual Report(AR) dan Laporan Keuangannya(LK). Semua itu bisa kita dapat dari website IDX atau di website resmi emiten tersebut. Saya sarankan anda membacanya dari materi Pubex terlebih dahulu karena dari situlah anda dijelaskan secara garis besar apa bisnis emiten tersebut.

Kemudian anda membaca AR karena biasanya terdapat informasi-informasi penting dan lebih detil mengenai usahanya seperti produk-produknya, struktur pemegang sahamnya(ini emiten anak dari perusahaan atau holding apa), sejarah perusahaan, pencapaian dan penghargaan, jajaran komisaris dan direksi hingga pandangan mereka terhadap pencapaian perusahan(disini jika kita cermat dapat membaca bagaimana sebuah manajemen itu jujur atau tidak).

Dan yang paling penting adalah membaca LKnya karena dalam bisnis tidak bisa terlepas dari keuangan. Menurut saya seorang investor HARUS BISA membaca LK, karena bagaimana seorang investor tau keuangan perusahan itu bagus kalau membacanya saja tidak bisa atau tidak pernah? Jika tidak bisa dan tidak mau belajar lebih baik serahkan saja uang anda pada reksadana atau deposito.

Laporan keuangan terdiri dari 4 bagian, yaitu Balance sheet(Neraca), Income statement(laba rugi), Cash Flow(Arus Kas), dan catatan atas laporan keuangan. Pada artikel ini saya akan menunjukkan item-item yang penting yang perlu diperhatikan dan diinput kedalam lembar kerja anda(Ms. excel) agar anda bisa menarik kesimpulan suatu perusahaan memiliki keuangan yang baik/tidak, murah/mahal dan growth/stagnan. 

Dan saya juga telah membuat format analisa versi saya sendiri dan bisa anda di download di artikel Contoh Format Lembar Analisis

Untuk mempelajarinya, mari kita lihat LK Indofood CBP Tbk(ICBP) tahun 2016 sebagai contoh.
(karena keterbatasan waktu penulis, maka detail-detail mengenai akun-akun tertentu yang menarik dibahas akan saya tulis di artikel yang berbeda)


1. Balance Sheet(Neraca)

Pada neraca kita dapat melihat posisi keuangan perusahaan pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu asset, liabilitias dan ekuitas.
Asset merupakan semua yang dapat digunakan untuk mengoperasikan perusahaan seperti kas, piutang, persediaan, aset tetap dll.
Liabilities merupakan kewajiban seperti hutang yang harus dilunasi dalam jangka pendek maupun panjang
Ekuitas merupakan modal suatu perusahaan (Ekuitas = aset – liabilitias)

Balance sheet aset

Pertama, pada bagian aset. Saya memperhatikan kas yang dimiliki perusahaan dan mengecek notes dan melihat rinciannya sesuai nomor catatan, dan bisa diketahui dimana perusahaan menyimpan uang cashnya. Begitu juga tiap akun yang dianggap penting dan memiliki nilai besar. Tapi khusus untuk beberapa emiten seperti properti saya akan langsung mengecek Aset tetap, Properti Investasi dan Tanah untuk dikembangkan, karena akun-akun itu menarik untuk dibahas, saya akan link jika sudah dipost.

Akun yang saya masukkan ke excel : kas, jumlah aset lancar, dan jumlah aset tidak lancar.
Balance sheet liabilitas
Kedua, bagian liabilitas. Hal pertama dan penting yang saya perhatikan adalah adakah utang bank atau tidak. Jika tidak berarti bagus, kalau ada it's okay juga, tapi memang lebih bagus tidak ada utang bank. 

Akun yang saya masukkan ke excel : utang bank, jumlah liabilitas lancar dan jumlah liabilitas tidak lancar.



Balance sheet ekuitas
Terakhir dibagian BS ada ekuitas. Hal penting yang perlu diketahui adalah ekuitas yang kita dapatkan sebagai pemilik saham adalah ekuitas yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk. Selebihnya(non pengendali) bukanlah hak kita sebagai pemilik saham. Untuk mempelajari lebih lanjut bisa lihat artikel, Apa itu Kepentingan Non-Pengendali?

Akun yang saya masukkan ke excel : kedua ekuitas. Yang kepada pemilik entitas induk dan non pengendali.


2. Income Statement(Laporan laba rugi)

Disini kita dapat melihat seberapa besar pendapatan, beban dan keuntungan/rugi yang dihasilkan oleh perusahaan pada periode tersebut.


Laporan laba rugi


Laporan laba rugi(lanjutan)

Selain mengetahui pendapatan, beban dan laba, kita juga bisa mengetahui rasio profit margin dari penjualan mereka. Rasio profit margin ada Gross Profit Margin(GPM), Operating Profit Margin(OPM) dan Net Profit Margin(NPM). Penjelasan mengenai profit margin bisa dibaca artikel saya yang lain tentang Apa itu Profit Margin(GPM, OPM dan NPM)?

Akun yang dimasukkan ke excel : Pendapatan, beban pokok penjualan(COGS), beban usaha, dan laba bersih/tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk. Nantinya laba kotor, dan laba usaha akan menyesuakan rumus dari excel(otomastis dikurangkan). 

3.  Cash Flow(Arus Kas)

Pada bagian arus kas, kita dapat melihat kas yang keluar masuk dalam periode tersebut dan ini yang paling menarik diperhatikan untuk mengetahui keuangan perusahaan.
Arus kas

Arus kas hanya mencatat kas yang masuk dan keluar perusahaan. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan mengklaim di laporan laba rugi memperoleh pendapatan 2 Triliun, tetapi di bagian arus kas penerimaan kas dari pelanggan hanya 1 Triliun, maka 1 Triliun sisa masih dalam bentuk piutang.

Arus kas dibagi menjadi 3 bagian yaitu arus kas operasional, arus kas investasi dan arus kas pendanaan. Jika arus kas operasional positif maka usaha mereka sudah menghasilkan profit, tetapi jika negatif artinya pembiayaan operasional mereka lebih besar daripada kas yang diterima dan sebenarnya belum profit karena uangnya belum ada. Hal tersebut bisa terjadi karena pelanggan belum bisa membayar sepenuhnya sehingga menjadi piutang terlebih dahulu. Penjelasan mengenai arus kas dan analisa-analisanya dapat dilihat di artikel ini, Apa itu Cash Flow? Mengapa itu Begitu Penting Bagi Investor?.


4.  Catatan atas Laporan Keuangan


Catatan atas Laporan Keuangan

Pada bagian ini terdapat catatan-catatan penting dan penjelasan lebih rinci tiap akun. Sebagai contoh saya menampilkan catatan tentang kas dan setara kas dari ICBP. Disitu kita dapat melihar dimana saja kas itu disimpan perusahaan dan dalam bentuk apa saja, bisa seperti deposito atau kas langsung. Atau untuk akun Piutang misalnya, kita dapat melihat siapa saja yang berhutang kepada perusahaan itu.

Banyak orang mungkin melewatkan saja bagian catatan ini, tapi justru bagian catatan ini sangat penting karena bisa memberikan clue-clue yang tidak bisa dijelaskan dalam balance sheet atau laporan laba rugi. Saya sangat menyarankan anda membaca catatan dari akun-akun yang sangat memiliki peran penting untuk perusahaan dan/atau yang memiliki porsi besar dalam Neraca.


Demikianlah sharing ilmu saya mengenai Panduan Dasar Sekali Membaca Laporan Keuangan untuk Analisa Fundamental Investor. Semua ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Penulis tidak pernah mengenyam pendidikan atau kursus untuk belajar akuntansi atau corporate finance, jadi jika ada kesalahan saya mohon berikan kritik dan saran melalui kolom komentar. :)

17 komentar:

  1. Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. TRADING FOREX ONLINE
    Penarikan paling Tercepat
    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
    1. Teregulasi di FCA
    2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
    3. Waktu ekspirasi 30 detik
    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
    5. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami DetikTrade

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    WA : 087752543745

    BalasHapus
  4. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  5. Apakah Anda seorang pebisnis / wanita atau pegawai pemerintah dan Anda ingin mandiri secara finansial dan menumbuhkan bisnis Anda ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman baik jangka panjang maupun jangka pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah semua orang dapat mengajukan permohonan , Anda tidak harus terus menjadi tanggung jawab keuangan kepada siapa pun, hari ini Anda dapat memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial Anda sendiri dan kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarga Anda, kami sangat bersedia memberi Anda pinjaman pilihan Anda, berapapun jumlah yang Anda butuhkan, kami akan menyediakannya untuk Anda. Jangan hanya duduk di sana menyaksikan orang lain membuat kemajuan finansial, jika Anda ingin pinjaman ditambahkan ke modal Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    Whatsapp : +447480724786
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  6. Selamat siang trader Indonesia
    Kami broker dengan lengkap berbagai asset Forex dan Cryptocurrency
    DetikTrade Aman dan Terpercaya
    Penarikan Tercepat di dukung oleh bank-bank yang terpercaya

    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
    1. Teregulasi di FCA
    2. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
    3. Waktu ekspirasi 30 detik
    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
    5. Deposit & Penarikan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami DetikTrade

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    WA : 087752543745

    BalasHapus
  7. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  8. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  9. « DetikTrade » Forex Trading Indonesia

    Trading Forex Indonesia| Trading Forex Terpercaya | Trading Online Indonesia


    1. Akun Demo Gratis
    2. minimum Deposit 50.000
    3. Bonus Deposit 10% ( T&C Applied )
    4. Customer support 24jam /7 hari
    5. Trading Platform Web-Browser Based
    6. Proses Deposit & withdrawal cepat
    7. Pembayaran profit up to 80%
    8. Bonus Referral 1%


    Trading lebih mudah & Rasakan pengalaman Trading dengan profit mudah . Bergabunglah Sekarang di www.detiktrade.com

    BalasHapus
  10. GOODNEWS INDONESIA
    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya adalah hidup selamanya jadi saat saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin menumbuhkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya untuk menghubungi saya di 08137449585 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    BalasHapus
  11. Apakah Anda seorang pebisnis / wanita atau pegawai pemerintah dan Anda ingin mandiri secara finansial dan menumbuhkan bisnis Anda ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman baik jangka panjang maupun jangka pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah semua orang dapat mengajukan permohonan , Anda tidak harus terus menjadi tanggung jawab keuangan kepada siapa pun, hari ini Anda dapat memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial Anda sendiri dan kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarga Anda, kami sangat bersedia memberi Anda pinjaman pilihan Anda, berapapun jumlah yang Anda butuhkan, kami akan menyediakannya untuk Anda. Jangan hanya duduk di sana menyaksikan orang lain membuat kemajuan finansial, jika Anda ingin pinjaman ditambahkan ke modal Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    Whatsapp : +447480724786
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  12. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus