Header Ads

Corporate Secretary Menjawab : JTPE


Logo JTPE



Pada 8 September 2017 saya menanyakan beberapa hal yang menurut saya perlu untuk kita ketahui ke Corporate Secretary JTPE(corporate.secretary@jasuindo.com). Berikut pertanyaan saya :

1. Saya melihat pertumbuhan laba cukup positif dalam beberapa tahun belakang, namun mengapa operating cash flow bisa negatif? Apakah menurut manajemen dividen dapat memberatkan proses ekspansi perusahaan?
2. Saya juga melihat beberapa tahun lalu Capex perusahaan cukup besar. Bisa dijelaskan apa yang menjadi sasaran perusahaan kedepan dengan anggaran Capex yang besar tersebut?
3. Mengapa laba pada Q3 dan Q4 lebih besar daripada Q1 dan Q2? Apakah memang ada kontrak khusus yang biasa dilakukan di Q3 dan Q4?
4. Saya melihat Korps Lalu Lintas POLRI sebagai customer terbesar perusahaan dari tahun ke tahun, apakah memang ada kontrak jangka panjang? Atau memang perusahaan selalu memenangkan pelelangan tiap tahun? Apakah perusahaan berniat menambah kontrak-kontrak jangka panjang lainnya(dengan perusahaan perbankan atau telekomunikasi misalnya) untuk lebih memastikan pertumbuhan penjualan dimasa depan?
5. Dibanding perusahaan percetakan dokumen lainnya, menurut manajemen apa nilai plus yang membuat Jasuindo Tiga Perkasa lebih baik dibandingkan kompetitor? Bagaimana pandangan manajemen prospek bisnis percetakan dokumen ini kedepan? Apakah menurut manajemen era digitalisasi dapat menjadi manfaat untuk pertumbuhan pendapatan perusahaan? Jika memang ada demand yang positif, bagaimana perusahaan mengantisipasi demand dimasa depan?


Email saya dibalas cukup lama, baru pada 20 September 2017 dijawab. Begini jawabannya :

Dear pak Timothy,
Kami ucapkan salam kenal. Menyambung pertanyaan bapak berikut dapat kami jelaskan bahwa pada tahun buku 2016 dapat dilihat bahwa arus kas operasi perusahaan adalah positif. Penggunaan arus kas operasi difokuskan perusahaan untuk menjalankan bisnis perusahaan serta adanya beberapa ekspansi yang masih dalam rangka memenuhi adanya peningkatan permintaan oleh pasar serta menyiapkan diri untuk perkembangan global. Jumlah dividen yang dibagikan tiap tahun sudah diperhitungkan oleh manajemen sebagai bentuk pembagian keuntungan perusahaan bagi para investornya.
Mengenai perbedaan laba pada masing-masing kuartal, Hal ini terkait dengan usaha perusahaan yang memiliki season order yang rata-rata dilakukan di semester 1 dan realisasinya yang terjadi di semester 2, sama juga halnya dengan beberapa perusahaan semisal retail yang memiliki peningkatan penjualan di season tertentu. Dalam penjualan, dapat kami jelaskan bahwa semua order yang diperoleh perusahaan tidak ada kontrak jangka panjang ataupun kontrak khusus lainnya, perusahaan secara berkala melakukan penawaran dan mengikuti lelang sesuai dengan prosedur di masing-masing instansi/perusahaan. Untuk menambah daya saing, perusahaan terus meningkatkan nilai/fitur produk dengan harga yang optimal yang dapat memberikan sebuah nilai tambah dalam proses penawaran. Perusahaan terus mengikuti perkembangan permintaan pasar yang diiringi oleh inovasi-inovasi produk serta memperluas segmen pasar yang telah ada. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah membina hubungan relasi yang baik dengan pelanggan, pemasok dan seluruh pihak yang terlibat didalamnya.
Semoga dapat menjawab pertanyaan bapak.
Terima kasih


Demikian informasi yang dapat saya berikan dari Jawaban CorSec JTPE. Thanks! :)

Tidak ada komentar