Header Ads

Dividen Hunter : JRPT

Logo JRPT

Dividen hunter adalah 'serial' analisa saham yang dikhususkan untuk mengetahui apakah saham tersebut layak dikoleksi untuk memperoleh dividen yang tinggi dimasa depan terhadap harga yang harus ditebus sekarang. Tentu dalam mencari saham dividen yang bagus, kita harus bisa memproyeksi labanya dimasa depan. Oleh karena itu saham dividen sebaiknya yang memiliki pertumbuhan atau laba bersih yang stabil, sehingga lebih mudah untuk diprediksi. Saham dividen bisa saja sekaligus value stocks maupun growth stocks, hal itu tentu sangat baik karena selain memperoleh return dari dividen, kita dapat memperoleh gain dari kenaikan harga saham.

Kali ini kita akan membedah saham PT Jaya Real Property Tbk(JRPT) yang bergerak dibidang Properti. Perusahaan ini IPO pada tahun 1994.

Sejarah PT Pembangunan Jaya
Sumber : Youtube. Diupload oleh channel Fizual Studio.

1. Balance Sheet


Sejak 2007 ekuitas JRPT naik dari Rp 1.135 miliar menjadi Rp 4.699 miliar pada tahun 2016. Pertumbuhan ekuitasnya menurut saya pesat. Liabilitas perusahaan ini cukup rendah untuk ukuran perusahaan properti karena mereka tidak punya utang bank jangka pendek.

2. Earning dan Profit Margin



Dari tahun 2007 sampai 2016 laba bersih bertumbuh dari Rp 110 miliar ke Rp 1,01 triliun. Pertumbuhan tersebut cukup fenomenal dan stabil selalu naik tiap tahun, padahal bisnis properti tidak tiap tahun ramai. Ini pertanda manajemen melakukan pemasaran dan strategi penjualan dengan baik sehingga tetap menjaga pertumbuhan bahkan di tahun-tahun yang sulit sekalipun. ROE dan ROA rata-rata dalam 5 tahun terakhir adalah 21,95% dan 10,33%, yang terbilang sangat bagus!

JRPT memiliki profit margin yang sangat lebar(NPM 42,44%), sebenarnya ini karakter bisnis properti namun saya melihat JRPT memiliki margin yang lebih besar dari emiten sejenis. Mungkin karena developer mampu membeli tanah yang mau dikembangkan pada harga yang sangat murah, karena modal tanah merupakan penyumbang beban penjualan yang cukup besar. Proyeksi laba 2017(berdasarkan LK Q2) adalah Rp 1,02 triliun(semester 1 Rp 510,88 miliar), tetapi seharusnya laba bersih tahun 2017 bisa berada diatas Rp 1,1 triliun sesuai target manajemen.

3. Growth Rate


Melihat rata-rata pertumbuhan sejak 2007, JRPT adalah growth stock. Dengan growth ekuitas dan laba bersih secara C.A.G.R. melesat sebesar 17,09% dan 27,93%, bisa dikatakan JRPT sedang pesat bertumbuh. Pertumbuhan laba juga sangat stabil, selalu bertumbuh tiap tahun, tidak pernah menurun. Proyeksi kedepan seharusnya JRPT dapat mempertahankan pertumbuhan karena kebutuhan konsumen akan rumah untuk tinggal ataupun investasi tiap tahun selalu ada.

4. Rasio Valuasi


Pada saat artikel ini ditulis, JRPT dihargai dengan PBV 2,39 dan PER 12,18 di harga Rp 905. Dengan rasio ini, sekilas valuasi ini bisa dianggap agak mahal untuk perusahaan properti karena kebanyakan ditawarkan pada PBV dibawah 2 bahkan banyak yang dibawah 1. Namun, menurut saya valuasi perusahaan properti tidak bisa dari PBV saja, karena aset-aset, properti investasi, dan tanah yang dimiliki perusahaan properti bisa jadi memiliki nilai wajar/nilai pasar yang JAUH lebih tinggi dari nilai buku yang tercatat di Laporan Keuangan. Ini merupakan hidden gems karena PBV 'sebenarnya' bisa jadi lebih murah(bahkan terlihat terlalu murah) dari yang tercatat di OLT maupun aplikasi-aplikasi penyedia rasio-rasio valuasi saham. Jadi JRPT mahal atau murah? Silahkan pembaca cari tahu sendiri :D

5. History dan Proyeksi Dividen

Non Adjusted(2013 Stock Split 1:5)
Adjusted

Tiap tahun perusahaan ini selalu membagikan dividen dan dari tahun ketahun dividen yang dibagikan selalu lebih besar. Rata-rata 3 tahun terakhir, Dividen Payout Ratio adalah 32%. Dengan EPS yang stabil dan terus meningkat. Berdasarkan laba bersih dari Q2 yang disetahunkan memperoleh EPS Rp 74,3 dan bisa diproyeksikan dividen untuk tahun buku 2017 kurang lebih Rp 23,83. Menurut saya EPS ini kemungkinan dapat lebih tinggi lagi hingga akhir tahun jika target manajemn tercapai.

Jika asumsi target laba bersih tercapai maka EPS menjadi 80, sehingga membuat proyeksi dividen naik ke Rp 25,66 atau dengan range Rp 25 - Rp 26. Perlu diketahui proyeksi tersebut bisa lebih tinggi atau rendah tergantung keputsan dalam RUPS.

Dengan asumsi harga yang akan ditebus adalah Rp 905 maka dividen yield yang akan kita dapat adalah 2,63% dan jika target laba bersih tercapai dividen yield menjadi 2,84%. Yield ini lebih rendah dibandingkan rata-rata yield dividen saham blue chips di bursa sekitar 2-3%.

Diambil dari Yahoo Finance


Dari kebiasaannya sejak 2007, JRPT biasanya membagikan dividen pada pertengahan tahun sekitar bulan Juni sampai Juli.

KESIMPULAN

Berdasarkan data-data diatas, menurut saya JRPT cukup layak dibeli untuk investasi tetapi TIDAK untuk karena DIVIDENnya yang menarik(Bagi para dividen hunter silahkan coret saham ini dari list anda :D), namun lebih karena growth yang yang pesat terutama prospek bisnis properti yang bagus dimasa depan mengingat kebutuhan akan rumah tidak ada habisnya dan dimasa depan pertumbuhan masyarakat dengan ekonomi menengah di Indonesia akan booming. Manajemen perusahaan properti yang baik seharusnya bisa memanfaatkan situasi tersebut.


Untuk mengetahui JRPT lebih lanjut, silahkan baca artikel saya tentang beberapa pertanyaan kepada Corporate Secretary mereka di ===> CorSec Menjawab : JRPT


Demikianlah sedikit ulasan Saham Dividen Hunter : JRPT. Semua tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Penulis tidak pernah mengenyam pendidikan atau kursus untuk belajar akuntansi atau corporate finance, jadi jika ada kesalahan saya mohon berikan kritik dan saran melalui kolom komentar. :)

Tidak ada komentar