Header Ads

Dividen Hunter : UNTR


Logo UNTR

Dividen hunter adalah 'serial' analisa saham yang dikhususkan untuk mengetahui apakah saham tersebut layak dikoleksi untuk memperoleh dividen yang tinggi dimasa depan terhadap harga yang harus ditebus sekarang. Tentu dalam mencari saham dividen yang bagus, kita harus bisa memproyeksi labanya dimasa depan. Oleh karena itu saham dividen sebaiknya yang memiliki pertumbuhan atau laba bersih yang stabil, sehingga lebih mudah untuk diprediksi. Saham dividen bisa saja sekaligus value stocks maupun growth stocks, hal itu tentu sangat baik karena selain memperoleh return dari dividen, kita dapat memperoleh gain dari kenaikan harga saham.

Kali ini kita akan membedah saham PT United Tractors Tbk(UNTR) yang bergerak dibidang distribusi alat berat. Perusahaan ini IPO pada tahun 1989.

Analisa ini menggunakan data terbaru sampai LK Q2 2017.
Website UNTR : www.unitedtractors.com

Company Profile UNTR
Sumber : Youtube. Diupload oleh channel United Tractors.

1. Balance Sheet


Sejak 2007 ekuitas UNTR naik dari 5,7 triliun rupiah menjadi 40,8 triliun pada tahun 2016. Pertumbuhan ekuitasnya menurut saya sangat baik, namun dengan catatan UNTR telah melakukan Right Issue pada tahun 2008 dan 2011 sehingga menambah modal masing-masing 3,4 dan 5,9 triliun. Struktur permodalan UNTR menurut saya juga cukup baik, walaupun UNTR memiliki hutang/pinjaman(berbunga) jangka pendek dan panjang sebesar 4,7 triliun, namun Kas mereka jauh lebih besar dari hutang tersebut yaitu 22 triliun sehingga hutang tersebut seharusnya tidak masalah.

2. Earning dan Profit Margin


Dari tahun 2007 sampai 2016 laba bersih bertumbuh dari 1,5 triliun rupiah ke 5 triliun rupiah. Pertumbuhan tersebut tergolong sangat baik walau dari sisi konsistensi bisa jadi akibat fluktuasi harga komoditas pendapatan bisa terganggu. Hal tersebut berkaitan karena alat berat yang didistribusikan oleh UNTR sebagian besar dari segmen kontraktor penambangan terutama batubara.


ROE dan ROA rata-rata dalam 5 tahun terakhir adalah 14,26% dan 8,6%, yang terbilang cukup bagus untuk emiten yang memiliki ekuitas diatas 10 Triliun. Margin keuntungan operasi  dan bersih cukup besar dan konsisten untuk perusahaan yang berkaitan dengan pertambangan, hal ini bisa jadi karena tidak adanya beban keuangan yang terlalu signifikan.

3. Growth Rate


Kinerja UNTR dari tahun 2007 cukup bagus. Ekuitas dan laba bersih mereka naik masing-masing 713% dan 335% dengan C.A.G.R. 24,38% dan 14,38%. Pertumbuhan laba bersih memang sangat baik, namun yang menjadi catatan adalah pertumbuhan ekuitas karena terdapat 2 kali Right Issue yang menyuntikkan modal dengan total 9,3 triliun dan terlihat pertumbuhan ekuitas tidak mengimbangi pertumbuhan laba.

4. Rasio Valuasi


Pada saat artikel ini ditulis, UNTR dihargai dengan PBV 2,85 dan PER 17,8 di harga Rp 32.675. Dengan rasio ini, sekilas valuasi ini bisa dianggap cukup mahal, namun rasio PEG yang kecil(0,48) mengisyaratkan bahwa pertumbuhan laba tahun 2017 dari tahun 2016 lebih cepat daripada pertumbuhan harga sahamnya yang artinya bagus dan masih murah berdasarkan rasio PEG.

5. History dan Proyeksi Dividen



UNTR selalu membagikan dividen setelah tahun 2007. Rata-rata 3 tahun terakhir, Dividen Payout Ratio(DPR) adalah 52%. Berdasarkan laba bersih dari Q2 yang disetahunkan memperoleh EPS Rp  1.835 dan bisa diproyeksikan dividen untuk tahun buku 2017 kurang lebih Rp 964,45. Kalkulasi ini tidak pasti, jumlah dividen pastinya akan ditetapkan pada RUPS.

Dengan asumsi harga yang akan ditebus adalah Rp 32.675 maka dividen yield yang akan kita dapat adalah 2,95%,. Yield ini cukup kecil untuk sebuah saham dividen, namun masih rata-rata saham bluechips

Diambil dari Yahoo Finance

Dari kebiasaannya sejak 2007, UNTR biasanya membagikan dividen 2x dalam satu tahun dimana dividen interim dibagikan pada bulan September atau Oktober sedangkan dividen final pada bulan April atau Mei.

KESIMPULAN

Berdasarkan data-data diatas, menurut saya UNTR layak dibeli untuk investasi namun bukan karena dividennya yang jadi poin utama, melainkan karena pertumbuhan yang pesat, keuangan yang sehat dan profitabilitas baik untuk emiten yang berkaitan dengan usaha pertambangan. Untuk value menurut saya pada saat ini agak mahal, lebih baik menunggu ketika sudah terkoreksi.


Demikianlah sedikit ulasan Saham Dividen Hunter : UNTR. Semua tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Penulis tidak pernah mengenyam pendidikan atau kursus untuk belajar akuntansi atau corporate finance, jadi jika ada kesalahan saya mohon berikan kritik dan saran melalui kolom komentar. :)

1 komentar:

  1. HASHTAG OPTION merupakan platform trading Online berbasis di Indonesia.
    Hanya dengan Deposit 50.000 anda bisa bermain trading.
    PILIHAN TRADER #1
    - Teregulasi FCA UK
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Jika anda bingung mencari broker, anda bisa bergabung bersama kami
    Dengan modal kecil anda bisa berinvestasi dengan keuntungan hingga 80%

    Bersama Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.

    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di HASHTAGOPTION

    BalasHapus