Header Ads

Laptop 4 Jutaan Terbaik! (Review Lenovo Ideapad Slim 3 14ADA05 AMD Athlon Silver 3050U)


Izin kan saya untuk kesempatan kali ini saya tidak membahas mengenai Investasi atau saham. Sekali-sekali saya juga ingin berbagi tentang pengalaman saya membeli/memiliki barang yang mungkin akan berguna juga bagi pembaca.

Pada masa seperti saat ini dimana bekerja dan belajar dapat dilakukan dari rumah, laptop menjadi kebutuhan utama agar pekerjaan dan tugas kita dapat diselesaikan dengan baik. Termasuk adik penulis yang baru saja akan memulai tahun kuliah pertamanya. Bahkan sejak orientasi pun sudah dilakukan melalui online. Oleh karena itu laptop pasti sangat dibutuhkan.

Untuk seorang mahasiswa yang jurusannya tidak terlalu berkaitan dengan desain grafis yang tinggi, menurut saya laptop seharga 4-5 jutaan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhannya karena kemungkinan besar mereka hanya akan sering berkutat dengan aplikasi office, browsing internet, streaming, dan video conference, sehingga bagi saya laptop apapun diharga 4-5 jutaan jika sudah menggunakan SSD maka sudah sangat mempuni. Apa itu SSD? Google is your friend, guys :)

Akhir-akhir ini memang sudah banyak laptop direntang harga 4-5 jutaan yang menggunakan SSD tapi apa salahnya jika kita bisa memilih yang terbaik untuk uang yang kita keluarkan? (keluar deh sifat alami value investor saya haha..) Proses ini juga yang paling seru karena saya juga hobi mengikuti perkembangan gadget terkini. Kembali ke laptop, setelah riset semalaman akhirnya ketemu dengan Lenovo Ideapad Slim 3. Awalnya seingat saya jenis Ideapad Slim 3 harganya sekitar 7-10 jutaan karena dilengkapi prosesor AMD Ryzen 3 sampai 7 arsitektur 7nm Renoir yang terbaru. Namun ternyata Ideapad Slim 3 ini berbeda karena menggunakan prosesor entry level AMD yang baru yaitu AMD Athlon Silver 3050U. Sekilas melihat spesifikasinya cukup bagus dan desainnya bagus mirip sekali dengan yang versi 7-10 jutaan. Singkat cerita hari minggu 5 September lalu saya langsung ke salah satu mall pusat elektronik dan laptop dikota saya dan membelinya.

Setelah penggunaan selama seminggu, saya merasa sangat puas memilih laptop ini. Kita bahas mulai dari hal yang paling saya suka, yaitu layarnya. Layar laptop ini berukuran 14 inch dengan resolusi Full HD! Diharga 4 jutaan tentu sangat fenomenal, mungkin 1-2 tahun lalu laptop beresolusi FHD minimal berada di range 6 jutaan keatas. Dan tidak sampai disitu saja, layar ini dari pengelihatan mata saya bukanlah jenis TN yang viewing angel dan warnanya kurang baik, tapi mirip seperti IPS atau VA! Walau memang spesifikasi yang beredar di internet hanyalah TN, tapi menurut saya tidak seburuk itu. Untuk kebutuhan hiburan seperti menonton film tentu laptop ini sangat cocok karena layarnya cukup memanjakan mata.


Hal kedua yang juga sangat saya kagumi dari laptop ini adalah performancenya. Walaupun AMD Athlon Silver 3050U hanya memiliki 2 core dan 2 thread, tapi kinerjanya jangan disepelekan. Berdasarkan hasil pengujian benchmark Cinebench R15 yang saya lakukan, laptop ini dapat meraih skor 220 cb untuk multi core dan 107 cb untuk single core. Jika saya membandingkan dengan laptop lama saya yaitu Asus K401LB yang menggunakan prosesor Intel Core i5 5200u tidak jauh beda dengan skor sekitar 250 cb multicore. Padahal i5 5200u memiliki 2 core 4 thread, 2 thread lebih banyak dari Athlon Silver. Namun menurut saya hasil ini tidak lepas dari faktor mikroarsitektur AMD Athlon Silver yang menggunakan transistor 12nm sedangkan arsitektur i5 5200u yaitu Broadwell yang masih 14nm, sehingga performa dan efisiensi per-core-nya lebih baik.

Score Cinebench R15 Multicore

Hal ketiga yang membuat saya lagi-lagi terkesima dengan laptop ini adalah penggunaan SSD dengan interface NVME! Lenovo menurut saya cukup gila dengan memberikan SSD NVME ke laptop 4 jutaan mengingat jenis SSD ini masih sangat mahal dalam 1-2 tahun lalu, yang kapasitas 256GB mungkin harganya setara 40% dari harga laptop ini. Dengan SSD NVME ini kinerja laptop terasa sangat ringan dan responsif, membuka aplikasi terasa sangat cepat walau laptop ini hanya dilengkapi prosesor dual core. Jika 256GB dirasa kurang, maka slot hardisk 2,5" juga tersedia untuk anda tambahkan SSD atau HDD yang lebih besar dimasa depan.

Score CrystalDiskMark 7

Hal-hal lain yang saya suka dari laptop ini adalah :

1. Untuk harga 4 jutaan, build quality-nya terasa solid, tidak terasa ada flex yang berlebihan di keyboard atau layar yang biasa ditemukan dilaptop murah. Selain itu desainnya juga terasa lebih mahal dari harganya. Hal ini tidak mengherankan karena Ideapad Slim 3 juga tersedia dengan varian spesifikasi harga 10 jutaan.

2. Keyboard khas lenovo yang tactile dan nyaman sekali untuk mengetik, jauh lebih baik dibandingkan laptop merk lain diharga yang sama, sangat mendukung jika kita suka mengetik cepat. Kemudian trackpad yang cukup akurat dan clicky tidak mendem ketika ditekan klik kiri ataupun kanan. 

3. Webcam juga telah dilengkapi dengan Privacy Shutter yang membuat kita merasa aman dengan menutup secara sempurna webcam jika tidak dipakai. 

4. Portnya masih lengkap dengan 2 USB 3.0, HDMI serta ada SD Card Reader, dimana akhir-akhir ini mulai jarang ditemukan atau berganti ke Micro SD Reader. SD Card Reader sangat terpakai jika anda seorang yang aktif menggunakan kamera, sehingga proses mentransfer data anda tidak perlu menggunakan tambahan dongle lagi.

5. Ukurannya tipis, ringkas dan ringan (hanya 1,6kg) serta chargernya juga kecil sehingga jika dibawa didalam tas tidak terasa memberatkan.

6. Fitur Lenovo Vantage yang dapat mengatur performa laptop dan mengoptimalkan baterai. Pada aplikasi bawaan lenovo tersebut terdapat 3 pilihan performa, Intelligent Cooling, Battery saving, dan Extreme Performance. Ditambah ada fitur Conservation Mode untuk menjaga kesehatan baterai dengan cara membatasi kapasitasnya menjadi hanya 60% ketika terus tercolok dengan charger.

Tampilan Lenovo Vantage

Hal yang tidak saya suka dari laptop ini bisa dibilang minor, selain karena harganya yang sudah murah dan spesifikasi yang sangat bagus, saya sangatlah tidak tau diri jika mengharapkan lebih banyak lagi dari laptop ini haha.. Namun jika saya harus mencari-cari kelemahannya mungkin ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan.

1. Desain engsel yang menyatu ditengah. Berdasarkan pengalaman saya, desain seperti itu tidak terlalu awet karena laptop lama saya Asus K401LB desainnya sama dan engselnya setelah sekitar 4 tahun pemakaian sudah patah. Masalahnya engsel patah sangatlah sulit dicari komponen replacementnya. Oleh karena itu dalam penggunaan laptop ini usahakan selalu membuka layar dengan menarik dari tengah layar jangan terlalu ke sisi kiri atau kanan karena menyebabkan salah satu engsel harus bekerja lebih keras. Namun dilain sisi saya merasa jika build quality laptop-laptop lenovo biasanya lebih bagus sehingga banyak digunakan sebagai laptop bisnis korporasi besar. Saya harap laptop ini tetap dalam keadaan utuh minimal 5 tahun kedepan :D.

2. Baterainya biasa saja, maksimal hanya bertahan 4-5 jam saja dengan pemakaian ringan mengetik dan streaming. Itu dengan Conservation Mode dimatikan, jika dihidupkan maka tentu akan berkurang 40% lagi daya tahan baterainya.

3. Layar yang walau permukaannya sudah glare tapi pantulan cahanya masih terasa kurang tereduksi dengan baik. Sehingga jika digunakan diluar ruangan yang cukup cerah bisa mengganggu tampilan layarnya.

Kesimpulannya, dengan harga 4,5-4,7 jutaan secara keseluruhan saya sangat puas dengan apa yang Lenovo Ideapad Slim 3 versi Athlon Silver ini tawarkan. Harganya memang murah namun fitur yang diberikan sangat menarik di harganya. Lenovo seperti merusak pasaran laptop 4 jutaan yang selama ini terkesan asal ada dan asal bisa dipakai. Lenovo membuat standar baru yang sangat menaikkan kelas laptop 4 jutaan menjadi seperti laptop 6-7 jutaan. Semoga kompetitor dari merek lain juga melihat usaha yang dilakukan Lenovo dan tidak mau kalah sehingga persaingan Laptop diharga 4 jutaan semakin seru dan kita konsumen semakin diuntungkan. Demikianlah ulasan pengalaman saya tentang Lenovo Ideapad Slim 3 versi Athlon Silver, semoga berguna bagi pembaca yang ingin mencari laptop murah terbaik ditahun 2020.


 






1 komentar:

  1. Thank you very much for sharing the Lenovo IdeaPad 3 14ADA05 Review as i love this laptop which i purchased couple of days a go in UK.

    BalasHapus