Header Ads

Dividen Hunter : TOTL

Logo TOTL

Dividen hunter adalah 'serial' analisa saham yang dikhususkan untuk mengetahui apakah saham tersebut layak dikoleksi untuk memperoleh dividen yang tinggi dimasa depan terhadap harga yang harus ditebus sekarang. Tentu dalam mencari saham dividen yang bagus, kita harus bisa memproyeksi labanya dimasa depan. Oleh karena itu saham dividen sebaiknya yang memiliki pertumbuhan atau laba bersih yang stabil, sehingga lebih mudah untuk diprediksi. Saham dividen bisa saja sekaligus value stocks maupun growth stocks, hal itu tentu sangat baik karena selain memperoleh return dari dividen, kita dapat memperoleh gain dari kenaikan harga saham.

Kali ini kita akan membedah saham PT Total Bangun Persada Tbk(TOTL) yang bergerak dibidang konstruksi. Perusahaan ini IPO pada tahun 2006.

Analisa ini sampai LK Q2 2017
Website TOTL : http://www.totalbp.com/index/en

Company Profile TOTL
Sumber : Youtube. Diupload oleh channel Alfi Syahrin.

1. Balance Sheet


Sejak 2007 ekuitas TOTL naik dari 451,6 miliar rupiah menjadi 925,2 miliar pada tahun 2016. Pertumbuhan ekuitasnya menurut saya cukup baik. Struktur permodalan untuk sebuah perusahaan konstruksi menurut saya juga sangat baik, TOTL hampir tidak memiliki utang bank maupun mengeluarkan obligasi.

2. Earning dan Profit Margin


Dari tahun 2007 sampai 2016 laba bersih bertumbuh dari 53,6 miliar rupiah ke 223 miliar rupiah. Pertumbuhan tersebut tergolong sangat baik walau dari sisi konsistensi bisa jadi akibat perlambatan ataupun krisis ekonomi pada tahun tertentu, pendapatan bisa berkurang.


ROE dan ROA rata-rata dalam 5 tahun terakhir adalah 23,9% dan 7,62%, yang terbilang sangat bagus serta konsisten. Margin keuntungan operasi  dan bersih cukup besar untuk perusahaan konstruksi dan konsisten, hal ini bisa jadi karena tidak adanya beban keuangan yang signifikan.

3. Growth Rate



Kinerja TOTI dari tahun 2007 cukup bagus. Ekuitas dan laba bersih mereka naik masing-masing 205% dan 416% dengan C.A.G.R. 8,29% dan 17,16%. Pertumbuhan laba bersih memang sangat baik, namun yang menjadi catatan adalah pertumbuhan ekuitas yang kontras tidak sebaik laba bersih. Menurut saya hal ini mungkin karena dividen yang mereka bagikan cukup besar, dan pernah sampai 100% dari seluruh laba bersih dalam satu tahun buku.

4. Rasio Valuasi


Pada saat artikel ini ditulis, TOTL dihargai dengan PBV 2,65 dan PER 9,36 di harga Rp 700. Dengan rasio ini, sekilas valuasi ini bisa dianggap agak mahal, namun rasio PEG yang kecil(0,65) mengisyaratkan bahwa pertumbuhan laba lebih cepat daripada pertumbuhan harga sahamnya yang artinya bagus dan masih murah berdasarkan rasio PEG.

5. History dan Proyeksi Dividen



TOTL selalu membagikan dividen setelah tahun 2007. Rata-rata 3 tahun terakhir, Dividen Payout Ratio(DPR) adalah 67,5%. Berdasarkan laba bersih dari Q2 yang disetahunkan memperoleh EPS Rp  74,8 dan bisa diproyeksikan dividen untuk tahun buku 2017 kurang lebih Rp 50,49. Kalkulasi ini tidak pasti, jumlah dividen pastinya akan ditetapkan pada RUPS.

Dengan asumsi harga yang akan ditebus adalah Rp 700 maka dividen yield yang akan kita dapat adalah 7,2%,. Yield ini lebih tinggi dibandingkan rata-rata yield dividen saham blue chips di bursa sekitar 2-3%.

Diambil dari Yahoo Finance

Dari kebiasaannya sejak 2007, TOTL biasanya membagikan dividen pada pertengahan tahun antara bulan Mei dengan bulan Juni.

KESIMPULAN

Berdasarkan data-data diatas, menurut saya TOTL layak dibeli untuk investasi selain karena dividennya yang cukup menarik, profitabilitas dan kekuatan permodalannya pun sangat baik untuk emiten konstruksi. Untuk value saya rasa cukup fair dengan cenderung agak mahal dan growth laba bersihnya cukup baik. Yang menjadi catatan baik lainnya adalah pelanggan TOTL hampir semuanya dari swasta dan sebagian besar adalah pelanggan lama(berulang). Hal ini membuktikan kualitas produk dan pelayanan dari TOTL terhadap konsumen sangat baik.


Demikianlah sedikit ulasan Saham Dividen Hunter : TOTL. Semua tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Penulis tidak pernah mengenyam pendidikan atau kursus untuk belajar akuntansi atau corporate finance, jadi jika ada kesalahan saya mohon berikan kritik dan saran melalui kolom komentar. :)

1 komentar: