Header Ads

Review Blu By BCA Digital : Bukan Sekedar Mobile Banking Biasa?


Sekitar akhir tahun 2019 silam, Bank BCA mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia. Isu yang berkembang adalah melalui akuisisi tersebut, BCA akan mengembangkan bank digitalnya sendiri. Setelah mulai populer diluar negeri, akhirnya mulai muncul juga pemain bank digital di Indonesia. Loh selama ini kan sudah ada Jenius, Digibank dan kawan-kawan? Kok bisa bilang BCA jadi bank pertama yang akan meluncurkan bank digital? 

Betul. BCA memang salah satu yang pertama yang mengembangkan bank digital (atleast menurut saya, CMIIW). Jadi, selama ini aplikasi seperti Jenius dan Digibank adalah bentuk 'sophisticated' dari aplikasi mobile/internet banking yang sudah lama ada. Aplikasi-aplikasi tersebut masih mengandalkan jaringan infrastruktur dan platform bank konvensional, dengan kata lain masih dalam satu entitas. Cirinya, nomor rekening dari aplikasi tersebut terdaftar di bank utamanya, misalnya nomor rekening Jenius adalah nomor rekening bank BTPN dan nomor rekening Digibank adalah nomor rekening bank DBS. Dengan begitu dana yang masuk melalui aplikasi tersebut akan diakui sebagai simpanan nasabah pada laporan keuangan bank utamanya. Namun berbeda dengan bank digital, mereka merupakan entitas yang berbeda dengan bank konvensionalnya. Hal itu mengakibatkan nomor rekeningnya terdaftar pada bank yang berbeda. 

Kantor cabang juga menjadi pembeda. Bank konvensional pasti ada cabang fisiknya, namun bank digital tidak punya kantor cabang.

Nah tadi sekilas tentang perbedaan bank digital dengan bank konvensional. Nah sekarang bagaimana penerapan bank digital dari BCA? Tanggal 7 Juli 2021 lalu, BCA Digital meluncurkan aplikasinya yang bernama BLU. Aplikasi tersebut sudah bisa didownload di Google Playstore untuk user Android dan App Store untuk iOS. Saya sendiri mencoba Blu dalam seminggu ini di Android, berikut pengalaman saya selama memakai Blu di awal-awal peluncurannya.


1. Proses pendaftaran yang mudah dan cepat.

Untuk membuka rekening BCA Digital di Blu sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan KTP dan NPWP (jika ada). Kemudian anda akan dipandu selama pendaftaran. Pengalaman saya, proses pengisian data sampai dengan antri untuk verifikasi secara video call hanya memakan waktu 10 menit.

Saya mendownload aplikasinya tanggal 3 Juli, tetapi tidak langsung saya daftar. Saya baru mendaftar tanggal 5 Juli malam dan dalam waktu kurang dari 24 jam, sekitar tanggal 6 Juli siang proses verifikasi selesai, rekening saya pun jadi. Berbeda dengan aplikasi sejenis, (sebut saja J4go) proses verifikasi memakan waktu 3 hari.

Proses yang terlama saat melakukan pendaftaran adalah menunggu antrian pada saat akan video call dengan CS. Saya kebetulan mendapat antrian nomor 70an dan menunggu selama kira-kira setengah jam. Saat itu kira-kira jam 22.00WIB, walau malam hari mungkin masih banyak orang yang baru mendaftar. 

Dari ulasan yang saya cek di Play Store memang banyak yang bermasalah ketika akan verifikasi melalui video call. Banyak yang mengaku tidak mendapat CS atau antriannya terlalu lama. Seharusnya BCA Digital menyediakan CS yang lebih banyak diawal untuk mengantisipasi lonjakan awal registrasi. Namun berdasarkan pengalaman saya, hal ini masih bisa ditolerir karena jika harus membuka rekening di bank konvensional bisa jadi lama antrian di teller lebih lama dari itu, belum menghitung waktu dan biaya yang anda habiskan diperjalanan.  

2. Tampilan Aplikasi (UI dan UX)


Tampilan aplikasi Blu cukup sederhana dan mudah dipahami. Pada tampilan awal, terdapat 3 bilah (tab) utama, Tracker, Home, dan Simpanan. 

Pada bagian Tracker berisi tentang riwayat transaksi dan grafik aruskas rekening kita dalam satu bulan. Tampilan grafis membuat mudah menggambarkan berapa pemasukan dan pengeluaran (arus kas) keseluruhan dari rekening kita.

Pada bagian Home berisi tentang informasi saldo keseluruhan akun, nomor rekening, highlights, dan transaksi favorit.

Pada bagian Simpanan berisi tentang uang yang kita miliki dalam berbagai jenis tabungan di Blu seperti bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.

 

3. Performa Aplikasi

Kinerja aplikasi yang saya rasakan cukup responsif dan aplikasi terasa ringan. Namun spesifik ketika mau menginput PIN terasa feedback dari aplikasi agak delay, saya tidak tahu ini disengaja karena ada faktor keamanan, ataukah memang bug. Selain itu, masih beberapa menu masih tidak bisa diakses karena dalam tahap pengembangan, mungkin di update aplikasi selanjutnya mulai diaktifkan.


4. Fitur

Sampai dengan saya menulis tulisan ini, fitur-fitur penting atau fungsi utama dalam sebuah aplikasi perbankan sudah ada pada Blu. Seperti fitur transaksi, blu sudah bisa digunakan untuk transfer, top up OVO/Gopay, bayar/beli pulsa serta paket data, bayar dengan QRIS dan tarik tunai. Saya pribadi sudah mencoba top up OVO, Gopay dan tarik tunai. Untuk tarik tunai menggunakan jaringan ATM BCA. Untuk top up Gopay saat ini ada promo cashback fee. 



Melalui Blu anda juga bisa menabung kedalam beberapa jenis tabungan. BluSaving, tabungan untuk bebagai tujuan, bebas ditarik kapan pun, dan bisa mendapat bunga 3% p.a.. Anda dapat membuat sampai dengan 10 jenis tabungan di blusaving untuk kebutuhan yang berbeda-beda sesuai keinginan anda.

Satu fitur dari blu yang paling menarik menurut saya adalah bluGether. Produk tabungan ini memungkinkan sesama pengguna Blu untuk melakukan patungan. Anda bisa punya rekening tabungan khusus seperti bendahara, dan anda bisa mengundang teman anda untuk menjadi member. Kemudian member dapat mendepositkan uang, memantau transaksi dan saldo di rekening bluGether agar lebih transparan. Saya pribadi belum mencoba tabungan ini dikarenakan belum ada teman yang juga menggunakan Blu. Tapi menurut saya fitur ini sangat bermanfaat untuk kegiatan yang melibatkan dana dari banyak orang seperti patungan dan arisan haha..

Jika anda mau membuka deposito seperti biasa juga mudah, tinggal depositkan uang anda di bluDeposit dan anda bisa mendapatkan 



Untuk info lebih lengkapnya tentang fitur, tarif, fee, dan bunga anda bisa langsung cek di website resmi Blu disini.

5. Kekurangan Blu

Hingga saat ini menurut saya fitur-fitur pada Blu masih cukup sederhana dan simpel. Bahkan menurut saya mobile banking BCA punya kemampuan yang lebih banyak dari pada Blu. Selain itu, masih ada beberapa menu yang belum berfungsi karena masih dalam pengembangan. Ini mengindikasikan bahwa peluncuran Blu memang agak dipaksakan agar bisa menepati janji BCA bahwa BCA Digital akan mulai implementasi di semester 1 2021.

Blu juga belum memiliki fitur unik yang dimiliki oleh aplikasi mobile banking 'sophisticated' lainnya. Paling hanya bluGether yang saat ini bisa ditonjolkan oleh Blu. Integrasi dengan marketplace juga belum ada, membayar dengan Virtual Account juga belum bisa. Juga karena tidak ada kartu debit, maka Blu juga belum bisa digunakan untuk belanja online diluar negeri yang biasa menggunakan Visa/Mastercard.

Karena BCA Digital sudah independen dan neraca keuangannya sudah dipisah dengan BCA konvensional, agar keuangannya sustainable maka BCA Digital seharusnya dapat menghasilkan pendapatannya sendiri. Selain pendapatan dari fee transaksi, bank juga memperoleh pendapatan bunga yang dihasilkan dari memberikan pinjaman ke nasabah. Saat ini belum ada fitur pinjaman tersebut, tapi kedepan seharusnya Blu akan mengadakannya karena kalau tidak keuangan BCA Digital pasti akan merugi. 

Promosi dan iklan yang dilakukan juga belum masif. Promo Blu saat ini paling hanya sebatas gratis transfer dan cashback topup fee Gopay. Untuk program kode referal tidak ada bonusnya sehingga tidak mendorong pengguna lama mengajak temannya untuk mendaftar. Walaupun begitu, silahkan menggunakan kode referal Blu saya TIMOT190U ketika mendaftar, kalau tidak juga tidak masalah dan saya tidak tau juga bonus apa yang didapat dari program referal ini hahaha. (Atau juga bisa dengan klik link ini)

(Update 23 Juli : Saat ini dengan menggunakan referal saya, anda memang tidak mendapatkan bonus, tetapi saya sebagai pemilik kode referal akan mendapatkan sejumlah saldo bonus ketika persyaratan telah terpenuhi.)

Kesimpulan (sementara)

Apa yang ditawarkan Blu saat ini menurut saya baru hanya sekedar aplikasi transksi dan tabungan saja, mirip sekali dengan mobile banking BCA atau bank lainnya. Merupakan bagian dari grup BCA dan menumpang dalam infrastuktur jaringan BCA menjadi keunggulan utama Blu saat ini. Kedepan, saya berharap BCA Digital menambah terus fitur dan kemampuan Blu tentu tanpa mengurangi kinerjanya yang sudah responsif.

Jika BCA Digital benar-benar bank digital sejati, maka pengajuan kredit pun bisa melalui aplikasi seperti Blu, kedepan mungkin kita dapat mengajukan KTA, KPR, atau bahkan kredit untuk modal usaha melalui Blu. Kita lihat saja nanti!


Demikian ulasan tentang pengalaman saya menggunakan aplikasi Blu By BCA Digital selama beberapa hari. Saya akan mengupdate tulisan ini jika nantinya ada update yang layak untuk dibahas. Jika ada pertanyaan atau diskusi seputar aplikasi Blu atau BCA Digital silakan komentar dibawah. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar