Header Ads

Dividen Hunter : BBKP

Logo Bank Bukopin

Dividen hunter adalah 'serial' analisa saham yang dikhususkan untuk mengetahui apakah saham tersebut layak dikoleksi untuk memperoleh dividen yang tinggi dimasa depan terhadap harga yang harus ditebus sekarang. Tentu dalam mencari saham dividen yang bagus, kita harus bisa memproyeksi labanya dimasa depan. Oleh karena itu saham dividen sebaiknya yang memiliki pertumbuhan atau laba bersih yang stabil, sehingga lebih mudah untuk diprediksi. Saham dividen bisa saja sekaligus value stocks maupun growth stocks, hal itu tentu sangat baik karena selain memperoleh return dari dividen, kita dapat memperoleh gain dari kenaikan harga saham

Kali ini kita akan membedah saham Bank Bukopin Tbk(BBKP) yang bergerak dibidang perbankan. Perusahaan ini telah IPO sejak 2006.

1. Balance Sheet


Dari tahun 2007 ekuitas BBKP naik dari  Rp 1.969 milyar menjadi Rp 9.172 milyar. Liabilitas tinggi wajar untuk perusahaan perbankan karena sebagian besar aset adalah kerdit yang diberikan dan liabilitas adalah dana pihak ketiga.

2. Earning dan Profit Margin




Dari tahun 2007 sampai 2016 laba bersih meningkat dari Rp 41,28 per saham ke Rp 119,58 per saham(adjusted). ROE dan ROA rata-rata dalam 10 tahun adalah 14,65% dan 1.09%. Untuk saham perbankan ROA 1.09% itu kecil. Sebaiknya ROA perbankan diatas 2%. Pertumbuhan labanya juga baik walaupun tidak linear atau konstan selalu mengalami pertumbuhan karena pernah turun satu kali pada tahun 2014, namun sudah cukup stabil dan tidak terlalu fluktuatif.

3. Growth Rate


Dengan growth ekuitas diatas 15% walaupun laba bersih hanya 13%, bisa dikatakan BBKP perusahaan yang pertumbuhannya cukup baik. Namun pertumbuhan tersebut tidak diikuti dengan pertumbuhan harga sahamnya sehingga bisa dikatakan sampai saat ini(September 2017) saham BBKP menjadi semakin lebih murah.

4. Rasio Valuasi


Pada saat artikel ini ditulis, BBKP dihargai dengan cukup murah, PBV 0,56 dan PER 6,43 di harga Rp 590. Dengan rasio ini, saya rasa valuasi ini bisa dianggap murah untuk sekelas perusahaan perbankan yang  kinerjanya baik.

5. Proyeksi Dividen


Tiap tahun perusahaan ini selalu membagikan dividen. Rata-rata 3 tahun terakhir, Dividen Payout Ratio adalah 30%. Dengan EPS yang stabil dan cenderung meningkat. Berdasarkan laba bersih dari Q2 yang disetahunkan memperoleh EPS 109,72 dan bisa diproyeksikan dividen untuk tahun buku 2017 kurang lebih Rp 32,91. Dan dengan asumsi harga yang akan ditebus adalah Rp 595 maka dividen yield yang akan kita dapat adalah 5,53%. Yield ini cukup tinggi dibandingkan rata-rata yield dividen saham blue chips di bursa sekitar 2-3%.

KESIMPULAN

Berdasarkan data-data diatas, menurut saya BBKP layak dibeli untuk dijadikan investasi karena dividennya yang menarik pada harga dibawah Rp 600(bahkan diharga Rp 650 yieldnya masih diatas 5%). Selain sebagai saham dividen yang menjadi nilai bonus adalah valuasi BBKP juga cukup murah dengan pertumbuhannya yang cukup oke.


Demikianlah sedikit ulasan Saham Dividen Hunter : BBKP. Semua tulisan ini berdasarkan pengalaman dan pengetahuan penulis. Penulis tidak pernah mengenyam pendidikan atau kursus untuk belajar akuntansi atau corporate finance, jadi jika ada kesalahan saya mohon berikan kritik dan saran melalui kolom komentar. :)

2 komentar:

  1. Broker Berbasis di Indonesia Hashtag Option
    Yukkk registrasi akun nya sekarang juga
    Nikmati payout hingga 85% dengan depo minimal 50.000,-
    Anda akan dapat BONUS Depo Awal 10%** T&C Applied
    Proses tidak ribet dengan menggunakan bank lokal

    PILIHAN TRADER #1
    - Regulasi FCA UK
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Trading lebih mudah dan gampang bersama Hashtag Option
    Transaksi lebih cepat

    Hashtag Option memberikan kemudahan anda bermain
    Segera Daftarkan diri anda sekarang juga di HASHTAGOPTION

    Ditunggu ya kak :)
    Salam Profit

    BalasHapus
  2. Penarikan paling Tercepat di DetikTrade

    Kamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Kelebihan bertransaksi di DetikTrade

    1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied

    2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal

    3. Teregulasi di FCA UK

    4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading

    5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri

    6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

    Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami

    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui www.detiktrade.com

    WA : 087752543745

    BalasHapus